Ambon, Malukupost.com - Sheyla Muzdalifa Lestaluhu menghentak persada dangdut Indonesia.  Selalu tampil dengan pesona Tulehu yang bikin bangga orang Maluku.  Lebih-lebih ia terus dapat pujian para panelis Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2019 di layar kaca TV Indosiar.

Catatan Rudi Fofid-Ambon


Ambon, Malukupost.com - Sheyla Muzdalifa Lestaluhu menghentak persada dangdut Indonesia.  Selalu tampil dengan pesona Tulehu yang bikin bangga orang Maluku.  Lebih-lebih ia terus dapat pujian para panelis Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2019 di layar kaca TV Indosiar.

Ternyata, ada juga orang Tulehu yang bisa bernyanyi dangdut secara baik.  Begitulah terdengar satu-dua orang memberi komentar.  Nah, orang mungkin lupa.  Jauh sebelum Sheyla lahir, sudah ada Edy Lestaluhu yang bercokol di papan atas dangdut Indonesia. 

Edy menulis lagu-lagu dangdut dan dinyanyikan pedangdut utama Indonesia seperti Itje Trisnawati, Evie Tamala, Ike Nurjanah, Camelia Malik, Rita Sugiarto, Mara Karma, dan sebagainya.

Lingkup pergaulan musikal Si Badai Biru ini sangat karib dengan Rhoma Irama.  Bahkan ketika Edy menjalani perawatan di rumah sakit, Raja Dangdut  itu datang membesuk.  Edy akhirnya meninggal dunia di RS Persahabatan, Rawamangun, Jakarta Timur, 13 Februari 2013 dalam usia 62 tahun.  Ia meninggalkan seorang istri dan lima orang anak.

Artis-artis senior dangdut Indonesia sangat menghormati Edy Lestaluhu.  Dalam kanal Youtube oleh cumicumi.com, Pedangdut Ike Nurjanah menyebutkan  Edy seorang yang low profile, dan bukan tipe orang yang suka disanjung-sanjung.

Pedangdut Mara Karma menyebutkan, Edy adalah pencipta lagu yang benar-benar luar biasa. 

"Saya sering bekerja sama dengan dia, dan lagu-lagu Edy Lestaluhu itu, mau ke mana saja saya tahu. Banyak penyanyi yang dia ciptakan lagunya, dan booming semuanya," kata Mara Karma.

Sementara Hamdan Attamimi mengatakan, Edy Lestaluhu adalah sahabat terbaiknya.  Dalam pergaulan hari-hari, selalu diawali dengan kebaikan.

"Dalam perjumpaan kami, selalu yang dibicarakan adalah tentang Allah dan Rasulullah," ucap Hamdan.

Edy dikenal sebagai penulis lagu dangdut yang tidak asal.  Lirik-liriknya kreatik sosial dan juga penuh pesan religi.  Selain Badai Biru, beberapa lagu lain adalah Rambut, Kang Mas, Kumismu (Evie Tamala), Punya Siapa, Piye-Piye (Mega Mustika), Kerukunan, Panca Sila,  Jeritan Derita (Mara Karma).

Edy Lestaluhu sudah lama pergi, setelah menoreh sejarah manis di dunia dangdut sebagai penulis lagu papan atas.  Kini muncul Sheyla Muzdalifa Lestaluhu sebagai penyanyi.  Ketekunan, kreativitas, dan sikap rendah hati, sebagaimana  ditunjukkan Edy Lestaluhu, dapat menjadi teladan bagi Nona Manis Sheyla di blantika dangdut Indonesia. 
 
DAFTAR LAGU KARYA EDY LESTALUHU

Berikut ini adalah daftar lagu karya Edy Lestaluhu dan penyanyi yang mempopulerkan lagu tersebut, yang dihimpun dari berbagai sumber di kanal Youtube:
  1. ABG Ngetrend (Vetty Vera)
  2. Acuh Tak Acuh (Yunita Ababiel)
  3. Ada-Ada Saja (Nina Nirmala)
  4. Ada Gula Ada Semut (Ida Sandjaya)
  5. Ajiib (Edy Lestaluhu)
  6. Aku Masih Takut (Erie Suzan)
  7. Aku Tak Mau (Camelia Malik)
  8. Arjuna Dangdut (Aksay)
  9. Badai Biru (Itje Trisnawati)
  10. Bang Haji (Rita Sugiarto)
  11. Bokek Berat (Mila Mayola
  12. Burung-Burung Cemburu (Sheyla Nafsyin)
  13. Isyarat Cinta (Yudha Irama)
  14. Jaga Jarak (Mara Karma)
  15. Jangan Harap Aku Mengalah (Caca Handika)
  16. Jangan Sombong (Irma Erviana), karya bersama Eddy Lestaluhu dan Mara Karma.
  17. Jeritan Derita (Mara Karma)
  18. Kang Mas (Evie Tamala)
  19. Kerukunan Pancasila (Mara Karma)
  20. Kumismu (Evie Tamala)
  21. Mana Cintanya (Nina Herlina), karya bersama Endang Kurnia/Hendrosaky/Eddy Lestaluhu
  22. Piye-Piye (Mega Mustika)
  23. Problema Malam Minggu (Ken Dedes)
  24. Punya Siapa (Mega Mustika)
  25. Resesi (Mara Karma)
  26. RT 05 RW 03 (Cici Faramida)
  27. Satu Waktu (Lesta Mega)
  28. Sedang-Sedang Saja (Vetty Vera), karya bersama Eddy Lestaluhu dan Mara Karma
  29. Surat Cinta (Anita Dahlan)

(Disarikan dari berbagai sumber youtube)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Malukupost.com © 2015. All Rights Reserved.
Top