Ambon, Malukupost.com - Berangkat dengan penuh optimisme, pulang dengan gelar juara umum.  Itulah kontingen Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon yang baru usai mengikuti Jambore Nasional Perguruan Tinggi Kristen di Bawah Kementerian Agama   RI, di Tarutung, Sumatera Utara, 15-17 Mei 2019.
Sebagian kontingen mahasiswa IAKN Ambon bersukacita usai menyabet gelar juara umum Jambornas 2019 di Tarutung (foti Olivia Sahulata)

Laporan Rudi Fofid-Ambon

Ambon, Malukupost.com - Berangkat dengan penuh optimisme, pulang dengan gelar juara umum.  Itulah kontingen Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon yang baru usai mengikuti Jambore Nasional Perguruan Tinggi Kristen di Bawah Kementerian Agama   RI, di Tarutung, Sumatera Utara, 15-17 Mei 2019.

Dalam Jambornas I dengan tema ``We Are One`` tersebut, kontingan IAKN Ambon mengirim sepuluh mahasiswa dan dua dosen pendamping yakni Dr Jerry van Harling dan Dr Agus Gasperzs . Dari enam mata lomba yang diikuti, IAKN memborong empat medali emas, dan satu medali perunggu.

Nomor-nomor  yang menyumbang medali emas bagi IAKN Ambon adalah lomba nyanyi kelompok vokal, story telling, lomba karya  ilmiah, dan lomba cipta lagu.  Pada lomba alat peraga, IAKN  Ambon merebut medali perunggu.  Satu-satunya yang lolos adalah pada nomor khotbah.

Piala Juara Umum Jambornas ini diserahkan Dirjen Binmas Kristen Departemen Agama Ri Prof Dr Tommy Pentury, dan diterima langsung oleh Rektor IAKN Ambon  Dr.Agusthina Ch. Kakiay, M.Si yang juga hadir  di Tarutung. 

Pada nomor lomba kelompok vokal,  IAKN Ambon menampilkan delapan vokalis.  Mereka adalah Beverly Titihalawa, Olivia Sahulata, Molisca Patty,  Fretsna Sopaheluwakan, Jondry Latuheru, Fredy Benamen,  Michael Waas,   dan Marco Pattianakotta.

Mereka meraih medali emas setelah tampil memukau di hadapan juri, dengan dua lagu yakni Lagu wajib Gemilang  (Band Krakatau) dan lagu pilihan Pukul Tifa ciptaan  Dr.Branckly Picanussa.

Pada lomba story telling, medali emas dipersembahkan Selvone Christin Pattiserlihun.  Ia menampilkan cerita ``Jesus Walk on the Water``.   Selvone  juga merebut medali emas lainnya pada lomba Karya Ilmiah berjudul "Generasi Mienial dan Politik Momon``.  Dia mengkaji  Ayat Kitab Matius 6:24 dan Relevansinya Terhadap Praktik Politik Uang di Kota Ambon,  Provinsi Maluku.

Medali emas untuk nomor lomba cipta lagu disabet Fretsna Sopaheluwakan.   Lagu karya Fretsna berjudul Harmoni Dalam Perbedaan, mampu mengungguli lagu daerah lain.

Sedangkan satu-satunya nomor yang tidak menyumbang medali adalah pada nomor khotbah yang diikuti  Molisca Patty.  Sekalipun gagal pada nomor ini, Molisca tidak pulang dengan tangan kosong.  Dia tampil juga pada nomor kelompok vokal dan ikut mempersembahkan medali emas untuk kontingan IAKN Ambon.

Rombongan juara umum ini sudah kembali dari Tarutung.  Mereka diterima Rektor IAKN Ambon Dr.Agusthina Ch. Kakiay, M.Si, Selasa (21/5) di Kampus Halong, Ambon.   Kakiay menyampaikan rasa bangga, dan penghargaan kepada seluruh rombongan karena telah memboyong gelar juara umum. 

``Semoga ke depan, bisa mempertahankan gelar juara sebab mempertahankan itu, jauh lebih berat,`` kata Kakiay. (malukupost.com)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Malukupost.com © 2015. All Rights Reserved.
Top