Ambon, Malukupost.com - Seorang pemuda belasan tahun nampak sibuk di tengah rangkaian acara pembukaan Ambon Extravaganza, di Lapangan Merdeka, Ambon, Sabtu (27/4).  Dia mengurus artis-artis yang tampil secara megah.  Penonton terkesima.  Tidak banyak yang tahu, Nyong Ambon berbadan atletis itu adalah David Juliano Sitanala, pembalap internasional dengan prestasi fenomenal.
David Sitanala di Cina, dengan logo Maluku di dada.
Laporan Rudi Fofid-Ambon

Ambon, Malukupost.com -
Seorang pemuda belasan tahun nampak sibuk di tengah rangkaian acara pembukaan Ambon Extravaganza, di Lapangan Merdeka, Ambon, Sabtu (27/4).  Dia mengurus artis-artis yang tampil secara megah.  Penonton terkesima.  Tidak banyak yang tahu, Nyong Ambon berbadan atletis itu adalah David Juliano Sitanala, pembalap internasional dengan prestasi fenomenal.

David memang punya talenta seni dan olahraga.  Delapan tahun  tekun di arena balap, David telah mengukir serangkaian prestasi manis.  Pattimura Muda asal Negeri Suli di tepi Teluk Baguala Pulau Ambon ini tak hanya menjadi pembalap paling bersinar dari Indonesia Timur.  Dia juga didaulat menjadi Duta Pariwisata Indonesia di Asia.

Masih segar dalam ingatan, dua tahun lalu,  David membuat kejutan besar.  Pada formula single seater,  dia meraih Podium 3 di balapan pertama dan kedua ajang FIA Formula 4 China Championship 2017.

Karir David di arena balap bermula pada usia 10 tahun di arena gokart tahun 2011.   Pembalap kelahiran Ambon, 8 Juli 1999 ini pertama kali terjun di Humpuss Kart Series.  Sekali tampil, David menyita perhatian sebab sanggup menempati posisi runner-up dari seluruh seri.  Nilai yang dia peroleh hanya terpaut 1 poin di bawah sang juara klasemen.
David di podium juara, dan tulisan Maluku di mobil formula

Tiga tahun setelah itu yakni pada tahun 2014, David sudah menyebet gelar Juara Umum 1 Indonesia pada Kejuaraan Tingkat Nasional Rotax Max 2014.  Tahun yang sama, Davis menyebet gelar Juara Umum 2 Asia di Kejuaraan Asia Max Challenge 2014 untuk kategori Junior Max 125. Sebagai Juara Umum 1 Indonesia, David kemudian mewakili Indonesia di Kejuaraan Dunia, World Grand Final Rotax 2014 di Valencia, Spanyol.

Atas penampilannya di arena balap, David menerima tiga penghargaan yakni IMI Award 2014 sebagai pebalap terbaik kategori Junior Max 125 di Kejuaraan Tingkat Nasional Rotax Max Challenge 2014, International Achievement Award 2014 Category FIA untuk mewakili Indonesia di kelas Junior Max 125cc pada 15th Rotax Max Grand Final, dan Penghargaan Menteri Pemuda dan Olahraga RI untuk mewakili Indonesia di kelas Junior Max 125cc pada 15th Rotax Max Grand Final.

Pada musim balap 2015 , David naik ke kelas Senior Max 125, dan memenangkan Kejuaraan 2015 Asia Rotax Invitational Race pada 24-25 Januari 2015 lalu di Sepang International Karting Circuit, Malaysia.

``Di Sepang, saya sempat mengalami kecelakaan. Beruntung penyelenggara internasional sangat profesional. Mereka mengutamakan keselamatan. Kendaraan rusak total, tetapi saya tidak apa-apa, sehingga bisa tampil pada balapan akhir, dan jadi juara pertama,`` ujar David kepada Media Online Maluku Post di The City Hotel,  Kamis (2/5).

Untuk balapan di Asia, David tergabung dengan Nizra Motorsport, sedangkan di Indonesia, dia tergabung dengan Go!!! Motorsport.  Melalui dunia balap dengan serangkaian prestasi inilah, pada tahun 2015, David  dinobatkan oleh Kementerian Pariwisata sebagai duta wisata di bidang otomotif. 

Sebagai duta wisata, dia ikut mempromosikan alam, budaya dan tempat  tempat wisata di Indonesia dan mengajak orang-orang di lingkungan balapnya datang menikmati Pesona Indonesia. Tidak heran, David memanfaatkan berbagai media dan kesempatan untuk promosi.

Secara khusus, David mempromosi Maluku melalui kaos, topi,  maupun kendaraan balap.  Dia mendesain sejumlah tulisan pendek yang sarat pesan.  Misalnya, Bangga Jadi Maluku, Racing For Maluku, Peace Voor Ambon, dan sebagainya.

David mengaku, selain dukungan orang tuanya Andre Sitanala dan Rita Faramay , dia bersyukur mendapat dukungan Pemerintah Provinsi Maluku.  Ungkapan terima kasih kepada pemerintah, antara lain dia tuangkan melalui akun facebook.

"Banyak terima kasih untuk seluruh jajaran staff pemerintah provinsi Maluku mulai dari Pak Gubernur Maluku, Pak Ketua DPRD Maluku, IMI Maluku, KONI Maluku, Dinas Pariwisata Maluku, Dinas Olah Raga Maluku, dan semua pihak pihak yang telah membantu saya untuk bisa berlaga di kejuaraan FIA Formula 4 di Tiongkok musim 2017. Terima kasih atas segala kepercayaan yang telah diberikan dan akan saya usahakan yang terbaik untuk bisa membanggakan Maluku dan Indonesia di kancah otomotif Asia maupun Dunia," tulis David.  (malukupost.com/foto-foto koleksi david sitanala)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Malukupost.com © 2015. All Rights Reserved.
Top