Langgur, Malukupost.com - Ketua Front Pemuda Muslim Maluku (FPMM) dan juga Ketua Pemuda Maluku Tenggara (Malra) dan Kota Tual di Tanah Rantau, Umar Ohoitenan atau yang dikenal dengan nama Umar Kei (UK), menyatakan siap menuju senayan dalam Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Daerah P
Umar Ohoitenan (Umar Kei)
Langgur, Malukupost.com - Ketua Front Pemuda Muslim Maluku (FPMM) dan juga Ketua Pemuda Maluku Tenggara (Malra) dan Kota Tual di Tanah Rantau, Umar Ohoitenan atau yang dikenal dengan nama Umar Kei (UK), menyatakan siap menuju senayan dalam Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Maluku.

Dijelaskan Umar Kei, sebelum menyatakan keinginan dan niatnya untuk maju sebagai Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPR RI, dirinya bersama keluarga besarnya yang ada di tanah rantau melakukan proses adat yakni meminta doa dan restu dari orang tua, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan seluruh elemen masyarakat yang ada di Kepulauan Kei.

“Saya datang kesini bersama keluarga besar saya untuk meminta restu, doa serta dukungan dari semua orang-orang tua Kei, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda yang ada di Kota Tual dan Malra, apabila mereka bersedia maka saya akan maju, dan alhamdulillah, hari ini saya mendapat dukungan tersebut dengan kehadiran mereka semua,” katanya di Tual, Rabu (20/6).

Umar Kei katakan, dirinya juga sangat mengharapkan dukungan dari teman-teman pers dan seluruh elemen masyarakat, agar pada saatnya nanti akan bekerja sama untuk memenangkan beliau dalam Pileg DPR RI Tahun 2019 nanti.

“Saya akan mendatangi semua tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat di 11 Kabupaten/Kota di Maluku. Dan kepada para Raja di Ambon, saya juga akan datangi mereka dengan niat dan maksud yang sama,” ungkapnya.

Umar Kei menandaskan, sebagai seorang anak Maluku yang baik dan teristimewa selaku anak Kei yang tahu betul tentang tradisi di Kei, tentu harus minta izin dan restu dari orang tua, tokoh adat, tokoh adat dan tokoh masyarakat, sebelum melakukan atau menjalankan niat yang tulus.

“Untuk partai, itu sudah ada beberapa partai yang sudah lakukan pendekatan dan melamar kami, tapi kami belum menentukan pilihan partai mana yang harus dipakai. Bagi saya yang paling penting adalah saya sudah direstui oleh orang-orang tua, tokoh-tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat. Mudah-mudahan dalam waktu yang singkat saya akan beritahukan juga kepada teman-teman media,”ujarnya.

Selaku Ketua FPMM dan Ketua Pemuda Malra dan Kota Tual di Tanah Rantau, Umar Kei juga meminta kepada seluruh masyarakat Malra dan Kota Tual, mengingat dalam waktu dekat akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah.

“Mari secara bersama-sama kita menjaga keamanan dan ketertiban, jangan sampai ada pihak-pihak tertentu yang ingin merusak adat dan budaya kita disini,”pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Adat (Rat Lor Siu dan Lor Lim) Kepulauan Kei yang meliputi wilayah kota Tual dan Maluku Tenggara, Abdul Hamid Rahayaan, menegaskan bahwa Dewan Adat dan masyarakat adat di Kepulauan Kei menyatakan siap mendukung Pencalonan Umar Kei pada Pileg nanti.

“selaku Ketua Dewan Adat di Kepulauan Kei, sekaligus mewakili masyarakat adat Kei, bahwa kami sangat mendukung, karena UK ini adalah salah satu figur terbaik orang Kei yang ada di perantauan dan terutama di Maluku ini, sehingga kami nyatakan mendukung sepenuhnya niat yang luhur, suci dan mulia dari UK ini yakni menjadi Anggota DPR RI Periode 2019-2024,” tandasnya.

Rahayaan katakan, dukungan yang diberikan oleh Dewan Adat maupun Raja-Raja di Kepulauan merupakan kesepakatan dari Raja-Raja di Kepulauan Kei.

“Dewan Adat maupun Raja-Raja di Kepulauan Kei semuanya mendukung pencalonan anak kita Umar Kei ini, dan apa yang saya sampaikan ini merupakan kesepakatan dari Raja-Raja di Kepulauan Kei,” bebernya.

Senada dengan Ketua Dewan Adat Kepulauan Kei, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Malra, Arifin Difinubun, menyatakan dukungannya terhadap keinginan Umar Kei untuk mencalonkan diri sebagai wakil rakyat pada Pileg DPR RI Tahun 2019.

“Pada prinsipnya kami mendukung maksimal atas cita-cita dan keinginan anak kami ini untuk masuk dalam Calon DPR RI sekaligus kami mendoakannya agar sukses,” tuturnya.

Difinubun menandaskan, pihaknya melihat reputasi Umar Kei baik di tingkat Maluku maupun secara nasional, banyak memberikan kontribusi yang baik kepada masyarakat Maluku tanpa membeda-bedakan suku dan agama.

“ini adalah nilai lebih dari Umar Kei yang menjadi dasar untuk kami menyatakan sikap mendukung beliau,” pungkasnya.

Difinubun menambahkan, dirinya sangat mengharapkan dukungan dari seluruh masyarakat beragama di Maluku khususnya di Kepulauan Kei untuk mendoakan Umar Kei

“Semoga keinginan Umar Kei, sukses dalam memperjuangkan niatnya yang luhur dan mulia ini,”pungkasnya. (MP-11)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Malukupost.com © 2015. All Rights Reserved.
Top