Ambon, Malukupost.com - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Maluku Tengah menyatakan, harga bawang merah maupun putih di Masohi pada pekan ini mengalami penurunan dibandingkan pekan lalu.
Ambon, Malukupost.com - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Maluku Tengah menyatakan, harga bawang merah maupun putih di Masohi pada pekan ini mengalami penurunan dibandingkan pekan lalu.

"Harga bawang merah saat ini bervariasi Rp41.000-Rp45.000/Kg, sebelumnya Rp50.000/Kg, dan bawang putih Rp35.000/Kg dari sebelumnya Rp40.000/Kg," kata Kadis Perindag Maluku Tengah, Kace Pattiasina, dihubungi dari Ambon, Kamis (10/5).

Dia mengemukakan, intensif mengawasi stok bawang merah maupun putih di pasaran agar tidak meresahkan masyarakat menjelang persiapan Bulan Suci Ramadhan 1439 Hijriah.

Tim pemantau intensif memantau stok dan harga bawang merah maupun putih agar tidak dimanfaatkan oknum pedagang untuk melakukan manipulasi.

Stok bawang merah maupun putih saat ini di pasar tradisional cukup banyak sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

"Kami intensif memantau stok agar berkoordinasi dengan distributor untuk memasoknya, baik dari Surabaya maupun Makassar karena mempertimbangkan kebutuhannya secara nasional menghadapi Bulan Suci Ramadhan 1439 Hijriah," ujar Kace.

Para distributor juga mempersiapkan stok di masing - masing gudang yang terjamin karena bawang merah maupun putih pemasokannya dari sentra produksi di Surabaya maupun Makassar membutuhkan waktu mengingat diangkut dengan kapal.

"Kami sering mengingatkan distributor soal kebutuhan bawang nasional sehingga pengadaannya harus diperhatikan agar tidak meresahkan masyarakat Maluku Tengah saat membutuhkan untuk berbagai kebutuhan," kata Kace.

Disinggung stok beras, dia menjelaskan, tersedia hingga perayaan Idul Fitri 1439 Hijriah dengan jenis premium mengalami kenaikan.

Harga beras premium dijual pedagang di Masohi dan sekitarnya, ibu kota kabupaten Maluku Tengah bervariasi Rp14.000 - Rp15.000/Kg.

Menteri Perdagangan pada 1 September 2017 menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) beras premium Rp13.600/Kg dan medium Rp10.250/Kg.

"Stok tersedia dalam jumlah banyak oleh para distributor. Namun, tingginya permintaan masyarakat menjelang pelaksanaan Bulan Suci Ramadhan 1439 Hijriah mengakibatkan harga beras jenis premium mengalami kenaikan," tandas Kace.

Sedangkan, telur dijual Rp55.000 per rak (30 butir) dan Rp2.000/butir. (MP-2)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Malukupost.com © 2015. All Rights Reserved.
Top