Ambon, Malukupost.com - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku, Elvis Pattiselano menjamin stok kebutuhan pokok di Maluku untuk dua bulan kedepan tersedia.
Ambon, Malukupost.com - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku, Elvis Pattiselano menjamin stok kebutuhan pokok di Maluku untuk dua bulan kedepan tersedia.

Menurut Pattiselano, ketersediaan stok kebutuhan pokok dalam jumlah yang cukup menjelang bulan suci Ramadhan, berkat kerja sama dengan dengan semua stakeholder terkait, yang telah membangun koordinasi dengan beberapa kota besar di provinsi lain di Indonesia seperti, Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Manado sebagai pusat-pusat akumulasi distribusi kebutuhan pokok masyarakat ke Provinsi Maluku.

“Walaupun demikian, beberapa hari terakhir terjadi kenaikan harga terhadap beberapa produk kebutuhan masyarakat, namun masih dalam batas yang wajar khusus untuk komoditi beras,”ujarnya di Ambon, Jumat (10/5).

Dijelaskan Pattiselano, untuk menstabilkan harga beras tersebut, pihaknya telah meminta Perum Bulog Divre Maluku untuk melaksanakan operasi pasar, dan telah dilaksanakan sejak tanggal 1 April 2018 lalu, dengan harga eceran tertinggi untuk Maluku sebesar Rp10.250..

“Selain beras, juga terjadi kelangkaan terhadap kominiti telur dan bawang. Yang disebabkan daya angkut dalam hal ini transportasi dari sentral produksi,”katanya.

“Telur kelangkaan akibat dari daya angkut, jadi tergantung kapal diatribusi dari sentral produksi.sedangkan Bawang, terkhususnya bawang merah bukan hanya terjadi kelangkaan di Maluku namun hampir seluruh daerah, yang mana dalam pendistribusian dilakukan dua minggu sekali,”katanya menambahkan.

Pattiselano menandaskan, untuk komoditi lainnya, seperti daging tidak ada masalah, mengingat masyatakat Maluku tercatat sebagai daerah yang kurang mengkosumsi daging es, sehingga stoknya masih tersedia dalam jumlah yang cukup.

“Jadi untuk daging dan kebutuhan pokok lainnya tidak ada masalah,”pungkasnya. (MP-7)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Malukupost.com © 2015. All Rights Reserved.
Top